Regresi - Case Performa Akademik [1]
Pada bagian sebelumnya terkait korelasi (Pearson Correlation) telah dijekaskan terdapat indikasi koreleasi yang kuat antara variabel Kemampuan Memimpin (pemimpin), Iklim Organisasi (iklim), dan Motivasi Kerja Karyawan (motiv).
Oleh karena terdapat korelasi yang kuat, maka dapat dilanjutkan dengan analisa regresi, yaitu memperkirakan nilai suatu variabel dari variable-variable lain.
Kali ini kita akan ambil sample data dari UCLA.EDU, termasuk analisis dan diskusinya akan mengambil bahan dari website tsb.
Data diambil dari internet.
. use https://stats.idre.ucla.edu/stat/stata/webbooks/reg/elemapi
. cd E:\Latihan
. save elemapi
. use elemapi
. describe
Data elemapi adalah data observasi random sampling 400 SD di California.
Data tsb adalah data sekolah dasar (elementary school) academic performance indicator (elemapi.dta).
Variabel yang kita tertarik analisis adalah:
api00 - academic performance sebuah sekolah
acs_k3 - average class size k3 (daya tampung kelas k sd 3)
meals - prosentase siswa yang mendapat makan gratis (siswa miskin)
full - prosentasi guru yang terakreditasi secara penuh
Contoh data tsb jika di expor ke XLS:
. export excel using "E:\Latihan\elemapi.xls", firstrow(variables) replace
Terlihat kolom: snum - school number (nomer sekolah), dnum - district number (nomer kecamatan), api00 - academic performance indicator th. 2000, dst.
Jadi 1 baris tersebut mendeskripsikan 1 sekolah SD, di California, US, tahun 2000.
Pemeriksaan Korelasi
. pwcorr api00 acs_k3 meals full, sig star(.05) obs
| api00 acs_k3 meals full
-------------+------------------------------------
api00 | 1.0000
|
| 400
|
acs_k3 | -0.0955 1.0000
| 0.0568
| 398 398
|
meals | -0.8193* 0.0097 1.0000
| 0.0000 0.8641
| 315 313 315
|
full | 0.4111* 0.0287 -0.2485* 1.0000
| 0.0000 0.5681 0.0000
| 400 398 315 400
Interpretasi:
2. Kekuatan korelasi
Coefficient Value | Strength of Association |
0.1 < | r | < .3 | small correlation |
0.3 < | r | < .5 | medium/moderate correlation |
| r | > .5 | large/strong correlation |
api00 -- meals = -0.8193 korelasi kuat/strong
REGRESI
Sekarang kita akan coba analisa regresi antara variable api00 (perfoma akademik) dengan variable predictor acs_k3, meals, full.
Ekpekstasi (hipotesis):
Performa akademik (api00) akan meningkat jika jumlah siswa per kelas (acs_k3) dikurangi, jumlah siswa miskin dikurangi, dan jumlah guru yang full accredited ditambah.
. regress api00 acs_k3 meals full
Source | SS df MS Number of obs = 313
-------------+---------------------------------- F(3, 309) = 213.41
Model | 2634884.26 3 878294.754 Prob > F = 0.0000
Residual | 1271713.21 309 4115.57673 R-squared = 0.6745
-------------+---------------------------------- Adj R-squared = 0.6713
Total | 3906597.47 312 12521.1457 Root MSE = 64.153
------------------------------------------------------------------------------
api00 | Coef. Std. Err. t P>|t| [95% Conf. Interval]
-------------+----------------------------------------------------------------
acs_k3 | -2.681508 1.393991 -1.92 0.055 -5.424424 .0614074
meals | -3.702419 .1540256 -24.04 0.000 -4.005491 -3.399348
full | .1086104 .090719 1.20 0.232 -.0698947 .2871154
_cons | 906.7392 28.26505 32.08 0.000 851.1228 962.3555
------------------------------------------------------------------------------
Koefisien korelasi -2.681508 hampir significant karena p=0.055 sudah sedikit diatas 0.05. Koefisien negatif, berarti jika jumlah siswa per kelas ditambah, maka performa akademik sekolah akan turun (sesuai ekspektasi awal).
2. meals
Koefisien korelasi -3,702419 significant karena p=0.000 < 0.05. Koefisien negatif, berarti jika jumlah siswa miskin bertambah, maka performa akademik sekolah akan turun (sesuai ekspektasi awal).
3. full
Koefisien korelelasi 0,1086104 tidak berkorelasi karena p=0.232 >> 0.05. Significansi variabel guru yang terakrediatasi ini sepertinya sangat tidak significant, artinya jika satu sekolah gurunya banyak yang terakreditasi atapun tidak banyak yang terakresitasi maka tidak ada pengaruh terhadap performa akademik sekolah (tidak sesuai ekspektasi awal).
Apakah kesimpulan 1, 2, dan 3 diatas sudah ajeg, dan bisa dipublikasikan di jurnal ilmiah?
Belum!
Ada beberapa tahap yang perlu dilakukan, yang akan dibahas pada bagian berikutnya.
Comments
Post a Comment